Wednesday 12 December 2012

Ikan Sebelah (ikan Karei/sole) ala Kaki Lima Malay/Sing...

Biasssaaaaa deh...
ibu2...

Kalo udh pindah negara.. adaptasinya di materi bahan masakan :)
Menurut saya, berpindah-pindah negara, selain adaptasi lingkungan sosial dan cuaca, adaptasi terhadap bahan makanan lokal juga merupakan hal penting (menurut saya tingkatnya udh primer). Karena, kalau tidak menyesuaikan, biaya hidup sehari-hari bisa tinggi euy...

Kami sekeluarga suka sekali dengan ikan...
Di supermarket tempat biasa kami berbelanja keperluan sehari-hari, saya sering melihat ikan filet (suami saya tidak suka ikan yang berduri) yang benar-benar bebas duri. 
Setelah saya perhatikan berminggu-minggu dengan lebih dalam, hmm sepertinya mirip dengan ikan yang ada di Jepang dulu yaa... tp biasanya kami makan untuk lauk sashimi..
Kemudian batch pertama, saya beranikan untuk bertanya dan membeli.. ternyata nama ikan filet tersebut adalah Ikan Sebelah.. 

Otak berputar-putar, dimasak apa yaa??
hmmm... browsing resep Ikan Sebelah, waduh susaaaah sekali, pol-polnya dimasak kari dan asam padeh lagi... hm.. masih belum favorit...
akhirnya dijadikan otak-otak dan di goreng biasa pakai tepung...
Gagal otak-otaknya, sukses dengan tepung, namun.. hmm gorengan lagi?? hiks.. 

Tiap malam browsing terus.. mencari tau ikan sebelah itu ikan apa ya?
akhirnya menemukan, ternyata Ikan Sebelah sama dengan Ikan Karei dan sama dengan Ikan Sole.. semangat pun tumbuh lagi..
Minggu berikutnya saya beli lagi, dengan bermodal resep ini nii:

www.hungrygowhere.com/recipes/hawker-style-grilled-fish-with-chilli-and-turmeric-*aid-a04f3f00/

Eng Ing EnggggG...... hehehe
Alhamdulillah enak... nyam nyam nyam... hehehe Alhamdulillah nemu Ikan variasi baru 
daaaannn..
semua bahan tersedia di lemari dapur ..enakpenaak..

Bahan:
1 filet Ikan Sebelah/Ikan Karei/Ikan Sole
 garam secukupnya
jeruk nipis secukupnya
Daun pisang/alumunium foil untuk alas panggang di pemanggang (kalo saya make teflon)
 
Bumbu Halus:
1 bawang putih
3 bawang merah
1 sdt kunyit segar (yang aseli 1/2 sdt kunyit bubuk)
6 cabe merah segar (yang aseli 6 cabe kering)*
1 sdt kecap ikan (saya pake Nampla)
1 sdt gula, penambah rasa
garam secukupny (kalo saya lebih dr 1 sdt garam)
1 sdt minyak goreng
 saya tambah butter dikit

 Cara membuatnya:
  1. Ikan dicuci bersih, dilumuri garam dan jeruk nipis, diamkan minimal 15 menit (kalau saya tadi 30 menit)
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, sisihkan
  3. Siapkan alumunium foil/daun pisang pada wajan
  4. Panaskan wajan (saya sampai panas sekali**) susun rapi ikan di atas alumunium foil, taburkan setengah bumbu halus diatas ikan, selama 3 menit
  5. Balik ikan, tamburkan sisa bumbu diatas ikan selama 3 menit/ hingga matang
  6. Sajikan, plus bubuhkan lemon juice secukupnya diatas ikan (saya tak pakai, tak ada stock lemon hehe)
  7. Lahap deeeeh 
*kami tidak terlalu suka dengan cabe kering
** menurut Bunda Estherlita, air yang dikeluarkan daging ikan pada saat pan fry dan meresap kembali ke dalam daging ikan adalah salah satu penyebab daging ikan matang menjadi amis, sehingga untuk menghindari hal tersebut pada awal pan fry diusahakan wajan memiliki panasa yang tinggi, sehingga air ikan menguap. Teirmakasih banyak Bunda Estherlita atas ilmunya, bermanfaat sekali..

No comments:

Post a Comment