Sunday 16 February 2014

Pempek DOS empuk (plus ikan)

Begini nih...
Alhamdulillah, Masku tercinta alias suamiku tersayang, seneng banget ma pempek...
Akhir nya bisa menemumukan dan meramu resep jitu yg pas bgt di lidah kami...
Istilah Mama mertuaku "marem" hehehe..
Sumbernya dari Our Daily Life mbak R. Yani Kusmayani, Ijin share ya Mbak...
Namun cara membuatnya saya ambil cara Mbak Ita (again), dari Dapur Griya Kahyangan, Ijin share ya Mbak..
Sedangkan Saos Cuko dan cara membentuk kapal selamnya saya ambil dari L'Kitchen, ijin share ya Mbak..
Terimakasih sangat dengan sharing ilmunya, pahala yang sangat besar, alhamdulillah sangat bermanfaat dan membahagiakan banyak family...


Pempek Empuk
Resep dr Mbak R.Yani Kusmayani, "Our Daily Life"

Modified by Asty

.. b  a  h  a  n ..  :

250g terigu - Mbak Yani Jd 200gr -- kl asty juga ikut 200g"

500 ml air - "krn terigu dikurangi, air juga ngikut dikurangi.." – kalo asty 400 ml

Tepung sagu secukupnya - " – kalo asty 200 gr, ato hingga kalis aja

2 buah telur kocok

3 buah bawang putih ulek alus - Tambahan dari Asty

2 sdt garam - "or secukupnya aja, sy suka masukin dikit dulu, klo kurang, baru ntar ditambah lg." – kalo asty 1,5 sdt garam

1 sdt peres gula – pengganti kaldu instan 

Saya tidak menggunakan kaldu instan, maka saya menambahkan sekitar 2 potong ikan tengiri bagian badan, sekitar lebih dari 100gram daging ikan tengiri giling


 
C a r a   M e m b u a t :  
modified  dari Dapur Griya Kahyangan, Our Daily dan L'Ktichen :


1. Membuat biang: campur tepung terigu, bawang putih halus, garam, gula, kaldu bubuk/gula dan air putih. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan tidak bergerindil tepungnya. Rebus hingga adonan mendidih dan mengental seperti bubur, aduk-aduk hingga kalis. Angkat..sisihkan biarkan agak dingin.

2. Blender daging Ikan tengiri bersama dengan dua telor hingga lembut dan halus

3. Bila tidak ada ikan, masukkan telur kocok kedalam adonan bubur tepung, aduk dan ulenin hingga licin dan rata. Bila guna ikan, masukan adonan No.2 ke No.1, aduk dan uleni sampai rata dan licin, pakai dua sendok kayu. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan pakai dua sendok kayu sehingga adonan pempek dapat dipulung/dibentuk. Memang agak sedikit lengket dijari tangan, lumuri saja tangan dengan tepung tapioka agar jari-jari tidak lengket oleh adonan.

4. Bentuk adonan sesuai selera, boleh dijadikan kapal selam, lenjer dan variasi lainnya. Rebus kedalam air mendidih yang telah diberi 2 sdm minyak goreng hingga mengapung dan matang. Angkat..tiriskan.

5. Goreng pempek kapal selam dalam minyak goreng yang panas sedang hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan..potong sesuai selera.

6. Sajikan dengan pelengkapnya, ketimun, soun/mie rebus, udang ebi sangrai dan tuangkan kuah cukonya...



Cara penyajian :

Goreng pempek, hingga kuning keemasan, lengkapi dg cukanya.

Pempek Ikan Cara Asty:
Jika Pasta ikan yang ada adalah 200 gram, maka semua porsi diatas dikurangi perbandingan 100 gram.

Petuah berharga dari Mbak Yani "Our Daily Life", check it out:
  • Jika akan menambahkan bahan lain, silakan saja masukkan sebelum menambah tapioka, misalnya 1 ons udang cincang (lebih banyak ya tambah enak :-)), 50g rebon, 1 ons teri medan yang sudah terlebih dahulu direndam air hangat (biar g terlalu asin), atau daging ikan yg dihaluskan, sesuai selera. Hati2 dg takaran garam (hilangkan/kurangi dulu), kalau mau pakai teri, rebon, atau ebi, karena mereka sudah asin. Kalau mau tambah sayuran, bisa pakai wortel kukus yang dihaluskan, wortel serut, labu siam serut, daun sawi/sosin yang diblender. Maka jadilah pempek "nyeleneh" ini.... 
  • Pempek yang menggunakan ikan, sebagai contoh fillet tenggiri spt di bawah ini, maka perbandingan jumlah ikan dg tepung adalah 1:1 jikalau ingin rasa ikannya terasa dan dominan. Sebagai contoh, jika ikannya 1/2 kg, maka sagu yg dipakai juga sekitar 1/2 kg. Dan terigu dan air yg ada pd resep pempek DOS dapat dihilangkan. Cara menghaluskan ikannya, cukup dilblender dg telur dan bumbu yg ada pd resep. Jika ditambah air, dikhawatirkan tepungnya akan lebih banyak (karena akan lebih benyek), butuh banyak tepung untuk sampai kalis, sehingga rasanya jadi kurang mantep, malah alot.



CUKO by L'Kitchen

.. b a h a n ..  :
250 gr Gula Batok, di sisir atau dipotong kecil-kecil
20 gr asam jawa - saya 30 gr asam jawa
50 – 100 gr cabe rawit - saya hanya 4 cabe rawit
50 gr bawang putih
1 Liter air
Garam, gula pasir secukupnya

C a r a   M e m b u a t  :

Masak air, gula batok dan asam jawa sampai mendidih, angkat lalu saring sebanyak 2x untuk membuang kotoran yang biasanya ada di gula batok. Didihkan lagi.
Blender rawit dan bawang putih, boleh agak kasar dan boleh halus sekali, masukan dalam panci yang berisi  air gula batok. Beri garam dan gula pasir secukupnya cicipi hingga rasanya pas. Didihkan sekali lagi lalu angkat. Apabila kurang asem, bisa ditambahkan cuka masak. - kalo Asty di tambah asam jawanya.


 Petuah berharga dari L'Kitchen, check it out:
  • Jangan membentuk pempek kapal selam dekat dengan panci untuk merebus pempek, karena uap airnya bisa melembutkan adonan dan akibatnya adonan pempek kapal selam yang sudah terbentuk jadi bocor.
  • Sebaiknya tiap kali membentuk adonan kapal selam, langsung diisi  dengan telor dan segera masukan ke panci air mendidih.
  • Jangan membuat adonan bentuk kapal selam dalam jumlah yang banyak dan kemudian baru diisi dengan telor karena adonan yang didiamkan sekian lama dapat mengeras sehingga mudah pecah atau bocor pada saat diisi dengan telor.

No comments:

Post a Comment